BANNER IKLAN

Apa Itu FOLD?

Memenangkan poker dengan susunan kartu yang bagus merupakan hal biasa, namun untuk mengetahui kapan saatnya folding atau menyerah dalam permainan poker adalah sebuah kunci dalam kesuksesan bagi seorang pemain poker.

Dalam permainan poker ada kalanya kita sebagai pemain mendapatkan starting hand yang buruk saat pre-flop. Walaupun begitu starting hand yang didapatkan belum tentu membentuk suatu susunan kartu yang bagus saat permainan memasuki flop. Saat kita mengalami situasi tersebut ada hal yang bisa yang kita lakukan yaitu FOLD atau menyerah.

Feeling Mempunyai Peranan Penting

Kita sebagai manusia memiliki insting untuk menerka apakah kartu yang kita punya memiliki persentasi yang tinggi ataukah persentasi yang rendah untuk memenangkan permainan poker, percayakan kepada insting anda dengan melihat tindakan yang dilakukan oleh pemain lain.

Apabila anda mempercayai bahwa putaran ini berpihak kepada lawan anda tidak ada salahnya anda menyerah saat itu juga dan tidak terpancing untuk mengikuti jumlah pasangan yang dinaikkan oleh lawan anda karena pada umumnya saat pemain memiliki kepercayaan yang tinggi untuk membayar sejumlah chips untuk menantang odds dalam mengincar suatu winning hand misalnya berupa flush atau straight dalam jumlah yang besar.

Meminimalisir Jumlah Chips Yang Hilang

Menyerah atau folding bukan merupakan hal yang buruk, apalagi anda memiliki chips yang sangat minim sehingga anda perlu memikirkan langkah untuk meminimalisir resiko kekalahan diantaranya kita dapat memainkan suatu ronde dalam poker dengan hanya mengincar susunan kartu kemenangan yang memiliki nilai yang tinggi seperti flush, straight dan diatasnya. Mungkin terdengar membosankan bermain dengan resiko minimalis namun kita tidak harus mengikuti alur yang dapat membahayakan jumlah chips yang kita punya saat ini.

Saat anda bermain dengan aman, anda bisa melakukan sedikit analisis terhadap lawan-lawan anda terutama melihat dari seberapa besar chip yang di raise oleh lawan anda. Metode ini akan membantu anda untuk membaca kekuatan tangan lawan dan tidak mengikuti alur permainannya.

Ingatlah bahwa keputusan yang sulit dalam melakukan call ataupun fold adalah saat anda memulai permainan yang disebut tahapan pre-flop karena memaksa anda untuk menantang keberuntungan anda, kita juga bisa melihat jumlah raise yang dilakukan lawan kita dedengan melihat total pots.

Apabila raise yang dilakukan jumlahnya sama atau kurang dari total pots kita bisa melakukan call, apabila stake nya jauh melampaui total pots dengan memikirkan resiko yang ditimbulkan tidak ada salahnya kita melakukan fold.

Fold Bukanlah Hal Yang Sulit

Ketika anda berada dalam tahap akhir atau yang biasa disebut river, dimana lawan anda melakukan call berapapun pasangan anda sehingga anda perlu waspada dan melakukan re-check dengan melihat potensi apakah besar kemungkinan terjadi flush ataupun straight sehingga anda tidak perlu mengambil resiko untuk melawan potensi kartu di tangan lawan terlebih lagi jika anda hanya memiliki double pair.

Menyerah atau fold adalah hal yang sulit untuk dilakukan karena sebagai pemain secara alami memiliki hasrat untuk menantang kemungkinan sekecil apapun dengan hanya memodalkan emosi sesaat yang meluap saat mengalami kekalahan dan kemenangan, kita tidak bisa menerka secara pasti kartu apa yang dipegang oleh lawan kita dan bermain aman adalah satu pilihan yang bisa kita ambil untuk memenangkan permainan poker.

Anda harus terus melatih kesabaran anda dan emosi anda untuk menyimpan cash atau chips yang bisa anda gunakan saat keberuntungan berpihak kepada anda dan semakin lama kepercayaan diri anda akan tumbuh dan meningkatkan kualitas permainan poker anda.

“Setiap permainan adalah pelajaran untuk menjadi pemain yang lebih baik”

Comments

comments

#